Planet zombie selamat dari kiamat yang juga harus dihadapi Bumi

Sebuah artikel diterbitkan Rabu (28) ini di majalah tersebut Alam menggambarkan penemuan sebuah planet yang tampaknya selamat dari peristiwa apokaliptik yang, menurut para ilmuwan, seharusnya juga terjadi di Bumi.

"Dunia zombie" ini adalah planet ekstrasurya Jupiter Panas yang disebut Halla, yang mengorbit bintang raksasa yang dikenal sebagai Baekdu, di konstelasi Ursa Minor, berjarak 520 tahun cahaya dari Tata Surya.

En parallèle : Le transport d'animaux : une question cruciale pour leur bien-être

Menurut para astronom, secara logika, bintang tersebut seharusnya sudah menggunakan gaya gravitasinya yang kuat untuk menyedot objek. Namun, entah bagaimana, dia berhasil lolos dari nasib menyedihkan ini – yang juga menanti planet kita. Berdasarkan beberapa penelitian, para ilmuwan mengetahui bahwa Bumi memiliki batas umurnya.

Itu karena, dalam waktu sekitar lima miliar tahun, Matahari akan kehabisan bahan bakar hidrogen untuk terbakar dan akan mulai melebur helium, yang akan menyebabkannya berubah menjadi bintang raksasa merah, membesar ukurannya dan menelan Merkurius, Venus, dan Matahari. .

A découvrir également : Kaki berat karena panas musim panas: semua obatnya

Suatu saat nanti, akhirnya akan meledak. Ini akan meninggalkan katai putih yang secara bertahap akan mendingin ke suhu latar belakang ruang angkasa selama triliunan tahun.

Penggambaran artis tentang dua bintang yang bergabung dan menciptakan awan gas baru yang darinya Halla dapat muncul sebagai planet "generasi kedua" dalam sistem. Kredit: Observatorium WM Keck/Adam Makarenko

Planet "zombie", yang baru-baru ini ditemukan oleh tim peneliti internasional, melawan segala rintangan, tampaknya muncul tanpa cedera setelah menghadapi bencana jenis ini.

Dua hipotesis untuk kasus planet yang selamat dari kiamat

Bintang Baekdu hampir 11 kali lebar Matahari, tetapi massanya hanya 1,6 kali. Itu diorbit sangat dekat oleh Halla, kurang dari setengah jarak antara Bumi dan Matahari.

Para peneliti dalam studi baru memeriksa Baekdu secara lebih rinci dan menemukan bahwa itu sudah melebur helium, menunjukkan bahwa itu telah melewati fase raksasa merah. Namun, menurut perhitungan para ilmuwan, pada saat itu bintang tersebut akan tumbuh jauh melampaui orbit planet Halla saat ini.

"Saat bahan bakar hidrogen pusatnya habis, bintang akan mengembang hingga 1,5 kali jarak orbit planet saat ini - sepenuhnya menelannya dalam proses - sebelum menyusut ke ukurannya saat ini," kata Dan Huber, penulis kedua studi tersebut. “Penenggelaman oleh sebuah bintang biasanya memiliki konsekuensi bencana bagi planet-planet yang mengorbit dekat. Ketika kami menyadari bahwa Halla berhasil bertahan hidup di sekitar bintang raksasanya, itu benar-benar kejutan.”

Baca selengkapnya:

• Jika manusia punah, seperti apa Bumi setelahnya?
  • Bintang pembunuh menelan seluruh planet dalam pengamatan pertama kali oleh para ilmuwan
  • Dari mana asal nama planet di Tata Surya?

Jadi bagaimana dia bertahan hidup setelah ditelan? Para ilmuwan mengusulkan bahwa, sebenarnya, kiamat dicegah oleh bintang kedua yang akan ada dalam sistem itu. Seiring bertambahnya usia kedua bintang, mereka akan menyeret materi satu sama lain, mencegah ekspansi, sampai akhirnya bergabung menjadi Baekdu sekarang. Proses ini tidak melibatkan pertumbuhan dan tidak ada penelanan.

Hipotesis kerja lainnya adalah bahwa Halla sudah lama tidak ada di sana. Saat kedua bintang bertabrakan, mereka dapat menciptakan awan gas yang mendingin dan kemudian membentuk planet, seperti dunia "generasi kedua" baru dalam sistem.

Video di bawah ini mengilustrasikan dua skenario yang diusulkan oleh penelitian ini:

Halla selamat dari kiamat

Halla lahir setelah penggabungan bintang

Apa pun itu, ini adalah sistem menarik yang dapat mengajarkan banyak hal kepada para astronom tentang kehidupan dan kematian planet dan bintang.

Sudahkah Anda menonton video baru di Youtube Tampilan Digital? Berlangganan saluran!

Posting Planeta zombie selamat dari kiamat yang juga harus dihadapi Bumi muncul pertama kali di Olhar Digital.