Kunci teleskop radio terbesar di India untuk mendeteksi getaran alam semesta

Teleskop Radio Metrewave Raksasa India (GMRT) adalah salah satu dari enam teleskop besar dunia yang memainkan peran kunci dalam menemukan bukti langsung pertama untuk getaran tanpa henti dari jalinan alam semesta, yang disebabkan oleh gelombang gravitasi frekuensi sangat rendah.

A voir aussi : La pratique de dressage des animaux : une approche douce et respectueuse

Temuan ini dipublikasikan pada Kamis oleh tim ilmuwan global, termasuk dari Indian Pulsar Timing Array (InPTA) yang menggunakan teleskop GMRT berbasis di Pune.

''Kami hampir mencapai jangkauan dinamis di mana seseorang akhirnya dapat mendengarkan bagian bass dalam simfoni gelombang gravitasi kosmik ini,'' kata Pratik Tarafdar dari The Institute of Mathematical Sciences, Chennai.

Avez-vous vu cela : Le problème des espèces invasives : une menace pour la biodiversité

Gelombang seperti itu diperkirakan berasal dari sejumlah besar pasangan lubang hitam monster yang menari, beberapa juta kali lebih berat dari Matahari, kata para ilmuwan.

“Sungguh luar biasa melihat data unik uGMRT kami digunakan untuk upaya internasional yang sedang berlangsung dalam astronomi gelombang gravitasi,” kata Yashwant Gupta, Direktur Pusat di National Center for Radio Astrophysics (NCRA), Pune, yang mengoperasikan GMRT.

Hasil tim dianggap sebagai tonggak penting dalam membuka jendela baru yang kaya astrofisika dalam spektrum gelombang gravitasi.

Ilmuwan dari European Pulsar Timing Array bekerja sama dengan rekan Indo-Jepang dari InPTA sampai pada temuan tersebut setelah menganalisis data pulsar yang dikumpulkan selama 25 tahun dengan enam teleskop radio terbesar di dunia.

Ini termasuk lebih dari tiga tahun data yang sangat sensitif yang dikumpulkan menggunakan rentang frekuensi radio rendah yang unik dan fleksibilitas GMRT, yang mengalami peningkatan signifikan pada tahun 2019.

''Hasil yang dilaporkan oleh kolaborasi EPTA+InPTA sangat dekat dengan penemuan gelombang gravitasi nano-hertz dan merupakan puncak dari upaya bertahun-tahun oleh banyak ilmuwan termasuk peneliti karir awal dan mahasiswa sarjana,'' kata Prof. Shantanu Desai dari IIT, Hyderabad.

Eksperimen InPTA melibatkan peneliti dari NCRA (Pune), TIFR (Mumbai), IIT (Roorkee), IISER (Bhopal), IIT (Hyderabad), IMSc (Chennai) dan RRI (Bengaluru) beserta rekannya dari Universitas Kumamoto, Jepang.

Teleskop radio Effelsberg 100 m di Jerman, Teleskop Lovell dari Observatorium Jodrell Bank di Inggris, Teleskop Radio Nancay di Prancis, Teleskop Radio Sardinia di Italia, dan Teleskop Radio Sintesis Westerbork di Belanda digunakan untuk pengamatan.

(Cerita ini belum diedit oleh staf dan dihasilkan secara otomatis dari umpan sindikasi.)